Search

Mantan Pemain Sepak Bola Lebih Rentan Terkena Penyakit Otak, Ini Alasannya - Suara.com

Suara.com - Beberapa olahraga memang meningkatkan risiko penyakit tertentu. Salah satunya di antaranya bahkan bisa mengembangkan penyakit berbahaya di otak. Contohnya adalah sepak bola.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mantan pemain sepak bola lebih berisiko meninggal karena penyakit otak neurodegenaratif daripada orang lainnya.

Namun, para mantan pesepak bola lebih kecil kemungkinannya meninggal dunia karena penyakit lainnya seperti kanker paru-paru.

Asosiasi Sepak Bola lantas mengaitkan penelitian ini dengan pemain sepak bola profesional modern. Dilansir dari Mirror, para ilmuwan dari Universitas Glasgow pun membandingkan angka kematian akibat penyakit neurodegeneratif antara mantan pemain sepakbola profesional di Skotlandia dan orang lainnya.

Studi FIELD mencakup 7.676 mantan pemain sepak bola yang lahir dari tahun 1900 hingga 1976 serta 23 ribu orang biasa (bukan mantan pemain sepak bola).

Hasilnya, risiko kematian akibat neurodegeratif pada mantan pemain sepak bola cukup tinggi setelah usia 70 tahun. Sementara risiko kematian mereka akibat jantung iskemik justru lebih rendah.

Ilustrasi sepak bola (shutterstock)
Ilustrasi sepak bola (shutterstock)

Selain itu, mantan pemain sepak bola juga lebih sering diresepkan obat-obatan dimensia, tetapi lebih jarang untuk kiper daripada posisi lainnya.

"Sekarang kami perlu memahami hubungan antara pemain sepak bola dengan penyakit neurologis degeratif yang harus kami lakukan," ujar Les Howie, Kepala FA pelatih pemain sepak bola akar rumput.

Akibat penelitian ini, Carol Routledge dari Alzheimer's Research UK menyarankan agar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mempertimbangkan untuk mengubah aturan sepak bola.

"Penelitian ini berfokus pada mantan pemain sepak bola dan tidak memberi tahu kami apapun, seperti apakah permainan sepak bola harus diubah atau tidak," kata Carol Routledge.

Sepak bola sendiri olahraga yang sangat digemari. Oleh karena itu, FIFA diminta mempertimbangkan penelitian mengenai risiko kematian akibat neurodegeneratif pada mantan pemain sepak bola.

Hal ini guna memastikan para pemain sepak bola tetap menikmati kegiatannya.

"Bukti terbalik menunjukkan bahwa kesehatan jantung mantan pemain sepak bola lebih baik. Kondisi ini adalah cara terbaik untuk menjaga otak tetap sehat," tuturnya menutup.

Let's block ads! (Why?)



"bola" - Google Berita
December 06, 2019 at 11:23AM
https://ift.tt/2LrYeGi

Mantan Pemain Sepak Bola Lebih Rentan Terkena Penyakit Otak, Ini Alasannya - Suara.com
"bola" - Google Berita
https://ift.tt/31nZHnd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mantan Pemain Sepak Bola Lebih Rentan Terkena Penyakit Otak, Ini Alasannya - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.