Search

Sheffield FC: Klub Tertua Perintis Permainan Sepak Bola - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Klub sepak bola Liga Inggris Sheffield FC menjadi klub sepak bola tertua di dunia. Tepat hari ini, 24 Oktober, Sheffield dilahirkan. Selain itu, klub ini juga menjadi perintis aturan bermain sepak bola.

Dilansir dari situs resmi Sheffield FC, Nathaniel Creswick dan William Prest adalah dua tokoh yang membentuk klub tersebut. Pertemuan perdana klub ini berlangsung pada 24 Oktober 1857 di Parkfield House, Keswick, Inggris. Tanggal tersebut sekaligus menandakan hari lahir dari Sheffield FC.

Markas asli Sheffield FC terletak di sebuah rumah kaca di Jalan East Bank Road. Rumah tersebut dipinjamkan Thomas Asline Ward, ayah dari presiden klub pertama Frederick Ward. Di dekat rumah tersebut terdapat sebuah lapangan yang dijadikan sebagai tempat bermain sepak bola.

Sebelum klub sepak bola lain muncul, pertandingan sepak bola Sheffield FC dimainkan para anggota klub. Mereka bermain dengan format 'Tim Lajang vs Tim Kawin' atau 'Profesional vs Campuran'.

Creswick dan Prest bertanggungjawab dalam menyusun aturan permainan klub. Mereka mempelajari banyak aturan dan kode etik dari 'Mob Football' atau 'Sepak bola mafia' yang sering dimainkan di banyak universitas.

Mob Football adalah jenis olahraga pada abad pertengahan yang diyakini sebagai cikal bakal sepak bola modern. Olahraga ini mempertandingkan dua tim, biasanya kedua tim tersebut berasal dari dua kota yang berbeda.

Tidak ada batasan jumlah peserta dari masing-masing tim untuk memainkan permainan tersebut, aturan bermain pun tidak jelas. Tujuan dari permainan tersebut adalah membawa bola yang terbuat dari kulit babi, ke ujung kota lawan. Hanya ada satu aturan dari permainan tersebut yaitu 'dilarang membunuh pemain lawan', pembunuhan dilarang keras dalam permainan zaman dahulu ini.

Creswick dan Presy kemudian mencoba memodifikasi aturan dari Mob Football supaya bisa lebih diterima masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Usai berdebat dan menjalani berbagai eksperimen selama dua tahun, mereka membuat perangkat hukum dengan standar sendiri. Kendati begitu, perangkat hukum tersebut menjadi fondasi dari permainan sepak bola di masa modern.

Selain Sheffield FC, ada pula klub Sheffield United yang kini tampil di Liga Inggris. (Selain Sheffield FC, ada pula klub Sheffield United yang kini tampil di Liga Inggris. (AP Photo/Rui Vieira)
Peraturan Sheffield merupakan perangkat aturan detil sepak bola pertama yang dipublikasikan klub tersebut. Pada saat itu, sebelum pembentukan Asosiasi Sepak bola (FA) di Inggris, terdapat banyak cara dalam bermain sepak bola. Masing-masing sekolah bermain sepak bola sesuai dengan aturan sendiri. Buku aturan sepak bola dari Creswick dan Prest secara resmi diluncurkan pada 1959. Buku tersebut mengatur aturan tendangan sudut, tendangan bebas, batas tiang gawang dan pelanggaran.

Tiga tahun setelah Sheffield berdiri, Hallam FC terbentuk. Pada 1860, kedua klub tersebut bertanding untuk kali pertama dalam sebuah derbi lokal di Sandygate Lane. Sheffield FC menang dengan skor 2-0. Persaingan antara kedua klub ini masih ada sampai sekarang.

[Gambas:Video CNN]
Pada 26 Oktober 1863, FA berdiri. Sheffield menjadi anggota FA pada 30 November 1863. Kendati demikian, Sheffield tetap menggunakan aturan sendiri dalam bermain bola.

Pada 2 Januari 1865, Sheffield FC melawan klub Nottingham. Ini adalah kali pertandingan dengan lawan klub luar kota pertama bagi Sheffield FC. Dengan menggunakan aturan permainan dari Nottingham, masing-masing tim memainkan 18 pemain dalam pertandingan tersebut.

Sheffield FC mulai bermain sepak bola dengan menggunakan aturan dari FA pada 31 Maret 1866. Mereka menggunakan aturan FA saat bertanding lawan tim kota London di Battersea Park. Di pertandingan itu, kedua tim bertanding 11 lawan 11.

Sheffield: Klub Tertua Perintis Permainan Sepak Bola
Hal baru tercipta dalam pertandingan Sheffield FC melawan tim kota London. Para penonton tertawa terbahak-bahak lantaran melihat pemain Sheffield FC bermain dengan cara menanduk bola. Di laga itulah teknik menyundul bola muncul.

Turnamen sepak bola pertama di dunia bertajuk 'Youdan Cup' kemudian digelar pada 1867. Ajang tersebut menggunakan aturan Sheffield.

Seiring dengan waktu berjalan, permasalahan aturan sepak bola yang berbeda-beda tersebut akhirnya dapat terselesaikan pada 1868. Sheffield FC dan FA sepakat untuk membuat satu aturan baku dalam bermain sepak bola.

Hingga saat ini, Sheffield FC sudah 162 tahun eksis di dunia sepak bola. Klub tersebut berada di peringkat ketujuh dari Divisi Satu Tenggara dengan perolehan 19 poin dalam klasemen sementara kompetisi Northern Premier League. (map/bac)

Let's block ads! (Why?)



"bola" - Google Berita
October 24, 2019 at 09:22PM
https://ift.tt/364n9ss

Sheffield FC: Klub Tertua Perintis Permainan Sepak Bola - CNN Indonesia
"bola" - Google Berita
https://ift.tt/31nZHnd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sheffield FC: Klub Tertua Perintis Permainan Sepak Bola - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.