Search

Hari Ini dalam Sejarah: Berdirinya Klub Sepak Bola Real Madrid - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Hari ini 118 tahun lalu, klub sepak bola asal Spanyol, Madrid Foot Ball Club didirkan pada 6 Maret 1902.

Klub itu kemudian lebih dikenal sebagai Real Madrid, klub sepak bola paling sukses di abad ke-20 versi FIFA.

Dari tahun 1905 hingga 1907, di bawah pelatih Arthur Johnson, klub berjuluk Los Blancos itu memenangkan tiga gelar Liga Spanyol secara berturut-turut, dilansir dari Britannica.

Sebelum sukses seperti saat ini, awalnya mereka bahkan tak memiliki markas khusus, sehingga harus bermain di berbagai stadion.

Sampai ketika datanglah Presiden Klub Santiago Bernabeu Yeste yang mempelopori pembangungan stadion yang belakangan menyandang namanya.

Dibuka pada 1947, Stadion Santiago Bernabeu itu memiliki kapasitas lebih dari 80.000 penonton dan menjadi tempat bagi final Piala Dunia 1982.

Baca juga: 5 Hal Menarik dari Kemenangan Real Madrid atas Barcelona di El Clasico

Saat Piala Eropa (di kemudian hari dikenal dengan Liga Champions) pertama kali digelar pada 1955-1956, Real Madrid menjadi kampiun pertama turnamen itu setelah mengalahkan klub Perancis Stade de Reims dengan skor 4-3.

Di masa itu, rivalitas antara Real Madrid dan Barcelona telah dimulai ketika Alfredo Di Stefano, striker top Argentina, mengingkari kesepakatan dengan Barcelona dan membelot ke Real Madrid.

Persaingan antara kedua klub besar Spanyol itu kemudian terus berlanjut dan dikenal saat ini sebagai laga El Clasico (The Classic).

Persaingan antara Madrid dan Barcelona tak semata-mata perseteruan di lapangan hijau. Kedua klub juga melambangkan situasi politik dan budaya yang terjadi antara wilayah Castilla (Madrid) dan Catalonian (Barcelona).

Let's block ads! (Why?)



"bola" - Google Berita
March 06, 2020 at 10:38AM
https://ift.tt/38lHBoA

Hari Ini dalam Sejarah: Berdirinya Klub Sepak Bola Real Madrid - Kompas.com - KOMPAS.com
"bola" - Google Berita
https://ift.tt/31nZHnd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Ini dalam Sejarah: Berdirinya Klub Sepak Bola Real Madrid - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.