Search

Pesepak Bola Italia Ceritakan Pengalamannya Terjangkit Virus Corona Covid-19 - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Saat virus Corona baru penyebab Covid-19 mulai merebak di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, akhir tahun lalu, Alessandro Favalli, tengah mengemasi barang-barangnya. Pemain berusia 27 tahun tersebut ingin bergeser lebih ke Utara Italia, ke kampung halaman, agar semakin dekat dengan keluarganya.

Pada 10 Januari 2020, dia akhirnya menandatangi kontrak dengan Reggio Audace yang bermarkas di Emilia-Romagna. Tim ini tampil di Serie C, kasta ketiga dalam hirarki persepakbolaan Italia. 

Saat itu, di Wuhan, Tiongkok, korban virus Corona baru terus berjatuhan. Wuhan menjadi zona merah penyebaran virus yang diduga berasal dari kelelawar tersebut. Pemerintah menutup kota. Warga dilarang keluar rumah. Pasar-pasar yang menjual hewan liar ditutup sebagai upaya pencegahan.

Berita segera menyebar ke seluruh dunia, Wuhan tengah dilanda wabah virus Corona model terbaru! Video-video yang memperlihatkan warga berjatuhan menambah suram wajah Negeri Tirai Bambu. 

Seperti warga Italia lainnya, Favalli baru mengetahui kabar tersebut dari media. Namun tidak ada kekhawatiran yang berlebihan. Kehidupan juga berjalan normal. Bahkan flu yang sempat menyerang Favalli di bulan Januari tidak membuat mantan pemain Catanzaro itu merasa terancam sama sekali.

Pada 2 Maret 2020, Favalli kembali merasa tidak enak badan. Namun kali ini sikapnya berbeda 180 derajat. Dia sadar wabah di Wuhan benar-benar telah tiba di negaranya dan kini menjangkitinya. 

"Saya merasa tidak sehat saat bangun Senin pagi, 2 Maret 2020," kata Favalli dari rumahnya dalam perbincangan lewat telepon dengan BBC belum lama ini.

"Saya demam dan mataku seperti terbakar. Gejalanya mulai terasa pada malam hari saat saya menggigil kedinginan," ujar pemain kelahiran 15 November 1992 tersebut. 

Saat itu Favalli langsung curiga. Apalagi, kasus virus corona baru Covid-19 sudah semakin meluas. Favalli mengetahuinya dari media. Bahkan di Italia, sejumlah orang sudah dinyatakan terinfeksi. 

"Saya langsung mengontak keluargaku. Mereka juga mengalami gejala yang sama. Beberapa hari sebelumnya, kami makan bersama. Sejak virus Corona menjadi berita besar di media dan orang-orang di daerah saya mulai terinfeksi, saya langsung tahu apa yang tengah kami alami," bebernya. 

Menurut data worldometers.info, kasus virus Corona Covid-19 pertama kali ditemukan di Italia 15 Februari 2020. Sejak saat itu, angkanya terus meningkat secara drastis dan pada 2 Maret sudah mencapai 2.036 kasus. Saat itu, pemerintah Italia sudah menutup beberapa kawasan di bagian Utara seperti Lombardia, Veneto, dan Emilia-Romagna, yang dianggap sebagai epicentrum virus Covid-19. 

Sejumlah pertandingan, termasuk Serie A di daerah-daerah tersebut juga dibatalkan. Namun upaya ini tidak banyak membantu. Pemeritah kemudian menerapkan kebijakan lockdown untuk seluruh Italia sejak 9 Maret. Namun korban terus bertambah dan kini mencapai 41.035 kasus, tertinggi kedua setelah Tionglok. Bahkan Italia menjadi negara dengan korban tewas terbanyak, yakni 3.405 jiwa.  

2 dari 4 halaman

Perjuangan Menjalani Masa Isolasi

Favalli mengaku hanya merasakan gejala ringan. Demamnya tidak pernah melebihi 37,8 derajat Celcius. Bahkan saat menjalani tes swab di hari Jumat, Fivalli sudah merasa kondisinya jauh lebih baik. 

"Saya demam selama tiga hari," katanya. 

"Saya merasa sakit kepala tapi tidak lama juga. Saya sama sekali tidak pernah merasa takut, saya tidak pernah merasa seburuk itu. Saya justru lebih khawatir terhadap sejumlah kerabat saya yang kondisinya lebih buruk dari saya, mungkin karena perbedaan usia dan tingkat kebugaran," katanya. 

Pada 6 Maret 2020, Favalli akhirnya dinyatakan positif terinfeksi virus Corona baru. Dia menjadi pesepak bola kedua di Italia yang menderita Covid-19 setelah King Udoh yang bermain untuk Pianese. 

Sejak saat itu, kehidupan Favalli pun berubah. Dia diminta untuk menjalani karantina mandiri di rumahnya. Keseharian yang benar-benar baru dan sama sekali belum pernah dijalaninya selama ini.

Favalli tinggal bersama istrinya, Miriam. Meski demikian, Miriam tidak menunjukkan gejala apapun. Khawatir ikut tertular, Favalli memilih mengunci diri di dalam kamarnya. Saat waktunya makan, Miriam akan mengantar makanan ke depan pintu kamar. "Saya tidak ingin menyakitinya," kata Favalli.

"Saya akan menjalani dua hari tes swab, dua pekan setelah dites positif. Jika saya negatif, makan saya harus mengulanginya lagi dalam beberapa hari lagi dan hasilnya akan diumumkan," kata Favalli. 

Mengisolasi diri menjadi tantangan terberat Favalli setelah dinyatakan positif Covid-19. Apalagi sebelumnya dia merupakan sosok yang aktif dan suka bersosialisasi. Setelah bangun pagi, dia akan berkendara pulang-pergi selama 40 menit dari kediamannya di Solarolo Rainerio menuju Reggio Emilia untuk latihan.

Dia juga rutin bertemu teman-temannya dan menghadiri acara-acara keluarga. 

"Secara mental, isolasi memang sangat sulit. Saya sudah terbiasa hidup bersosialisasi. Saya tinggal bersama istri, punya keluarga dan teman di area sini. Setiap hari saya latihan bersama teman-teman saya," kata pria yang sudah menyelesaikan pendidikan tinggi bidang kesehatan dan olahraga itu. 

"Yang utama adalah ketika semua orang harus menyelesaikan ini semua, sisanya tidak lagi penting."

3 dari 4 halaman

Petik Pelajaran Berharga

Organisasi kesehatan dunia (WHO) telah menetapkan virus corona Covid-19 sebagai pandemi global. Lebih dari 150 negara di dunia sudah terpapar. Saat Tiongkok mulai bisa mengendalikan penyebaran virus tersebut, Eropa kini menjadi zona merah baru dengan Italia berada urutan teratas jumlah kasus. 

Dalam pergulatannya melwan virus Covid-19 yang menjalar di tubuhnya, Favalli pun sadar akan satu hal, yakni betapa berharganya orang-orang di sekitarnya. Rasa kebersamaan dan sikap saling menguatkan yang diserukan lewat nyanyian dari balkon-balkon rumah warga juga membuatnya merasa tidak sendirian. 

"Selama pekan lalu, saya merasakan banyak kasih sayang dari teman-temanku, rekan setim, manajer, dan fans. Orang-orang memanggilku setiap hari, saya menerima ribuan pesan," kata Favalli.

"Semua orang mengkhawatirkanku dan keluargaku: senang sekali melihat banyak yang menjaga mereka. Jika ingin melihat hal positif dari virus ini, itu adalah pelajaran betapa pentingnya orang-orang di sekelilingmu."  

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Let's block ads! (Why?)



"bola" - Google Berita
March 21, 2020 at 05:35AM
https://ift.tt/3dhVUOG

Pesepak Bola Italia Ceritakan Pengalamannya Terjangkit Virus Corona Covid-19 - Liputan6.com
"bola" - Google Berita
https://ift.tt/31nZHnd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pesepak Bola Italia Ceritakan Pengalamannya Terjangkit Virus Corona Covid-19 - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.